Museum Geologi Bandung
Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung – Bandung tidak pernah habis untuk dikupas dan dibahas. Kota dengan seribu pesona ini memiliki segalanya agar bisa disebut sebagai kota yang indah nan menawan. Bandung memiliki berbagai pesona mulai dari tempat wisata alam, wisata budaya, wisata religi, wisata kuliner hingga wisata pendidikan. Hampir semua tempat di Bandung memiliki pesonanya sendiri-sendiri.

Salah satu tempat wisata terbaik di Bandung adalah Museum Geologi Bandung bagi anda yang menyukai sejarah dan hal-hal yang berbau pendidikan. Di sini anda bisa melihat berbagai macam koleksi dari museum ini mulai dari fosil, peninggalan sejarah, artifak, seni dan lain sebagainya. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan suasana liburan yang berbeda dari biasanya.

Museum Geologi Bandung
Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung telah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Museum ini berdiri pada 16 Mei tahun 1928. Museum ini pernah mendapatkan renovasi pada masa pemerintahan presiden Megawati Soekarnoputri di tahun 2000 lalu. Beberapa koleksi yang paling menarik di museum ini adalah peninggalan geologi, fosil, berbagai macam batuan dan juga mineral yang sangat menarik untuk dikaji dan dipelajari.

Museum ini memiliki 2 lantai yang digunakan untuk menyimpan berbagai koleksi yang ada di museum geologi ini. Lantai pertama digunakan untuk menyimpan berbagai koleksi Museum Geologi Bandung seperti hipotesis terjadinya planet bumi dan juga alam semesta, maket yang berisi tatanan geologi yang membentuk Indonesia, keadaan geologi dari berbagai daerah di Indonesia dan juga berabagai fosil yang ada di Indonesia.

Lantai kedua dari museum ini digunakan untuk tempat bagi para staf museum di sebelah barat lantai dua. Sedangkan di bagian tengah dan timur digunakan sebagai ruang peragaan yang juga dikenal sebagai peragaan geologi umat manusia. Di sini terdapat pula maket tambang emas terbesar di dunia yang terdapat di Papua. Di bagian timur ruangan terdapat informasi mengenai manfaat mineral yang ada di Indonesia, rekaman kegiatan eksplorasi tambang di Indonesia, informasi-informasi mengenai penggunaan mineral di Indonesia, informasi mengenai berbagai bahaya geologi di Indonesia, ada pula informasi mengenai aspek positif mengenai kondisi geologi di Indonesia dan juga informasi mengenai sumberdaya air yang ada di Indonesia beserta dengan pemanfaatannya.

Museum Geologi Bandung memang menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang dapat dimanfaatkan oleh generasi muda guna menggali informasi mengenai kehidupan di masa lampau. Harga tiket masuk ke museum ini adalah Rp 2 ribu untuk pelajar dan Rp 3 ribu untuk wisatawan umum lokal. Wisatawan asing akan dikenakan Rp 10 ribu. Dengan membeli tiket ini maka para pengunjung sudah bisa menikmati semua fasilitas Museum Geologi Bandung ini.

Demikianlah informasi mengenai Museum Geologi Bandung. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda semua.

Shares 0
SHARE
Previous articleKebun Strawberry Ciwidey – Si Merah Penggoda Rasa
Next articleObservatorium Bosscha
Aku memulai situs ini pada tahun 2014 sebagai hobi, terpesona oleh kemampuan beberapa orang untuk melakukan perjalanan di seluruh daerah. Mimpi saya adalah untuk mengubah situs menjadi sumber Pengetahuan dan Inspirasi bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here