Observatorium BosschaSiapa sih yang tidak kenal dengan tempat wisata Observarium Bosscha? Tempat ini merupakan salah satu peneropong bintang yang paling tua di Indonesia. Dulunya banyak yang mengenal Observarium Bosscha dari film yang berjudul “Petualangan Sherina” yang mengambil set gambar di tempat tersebut. Tidak hanya menambah ilmu saja tetapi berwisata ke Observarium Bosscha sangat menyenangkan. Anda bisa mengenal banyak galaxy dan rasi bintang yang banyak sekali tersebar di luar angkasa. Pada masa liburan tempat ini sering dijadikan ajang study tour untuk SD, SMP, dan SMA sehingga akan tampak sangat ramai sekali. Ada pembagian porsi waktu jika anda mengunjungi tempat tersebut mengingat lokasinya yang tidak terlalu besar untuk banyaknya pengunjung yang datang.

Observarium Bosscha memiliki teleskop yang bernama Zeiss yang pertama kali dioperasikan pada tahun 1928 dan sampai sekarang pun barangnya masih utuh dan bisa digunakan dengan baik. Selain teleskop Zeiss masih banyak teleskop lain yang menjadi koleksi dari Observarium Bosscha ini yaitu Unitron, Goto, dan Bamberg. Dulunya tempat wisata Observarium Bosscha memiliki nama Bosscha Strerrenwacht yang merupakan bangunan Belanda dengan tujuan pembuatan sebagai alat teropong bintang.

 

Observatorium Bosscha Bandung
Observatorium Bosscha

Jam Sesi Kunjungan

Ada beberapa sesi kunjungan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya karena Observarium Bosscha tidak memiliki ruang yang cukup luas untuk pengunjung yang datang maka terdapat jadwal sesi tersebut. Pada hari Selasa sampai Sabtu terdapat 3 sesi yang masing – masing memiliki kuota pengujung sebanyak 200 orang, sesi tersebut terbagi menjadi :

Sesi Selasa – Jumat

Sesi pada hari ini menerima kunjungan dari instansi, organisasi, atau sekolah dan tidak menerima dari keluarga atau perorangan.

Sesi I: 09.00 – 10.30 WIB

Sesi II: 11.00 – 12.30 WIB (sesi ini tidak ada pada hari Jumat)

Sesi III: 13.00 – 14.30 WIB

Sabtu

Tidak ada sesi khusus untuk instansi atau sekolah tetapi tetap buka dari jam 09.00 – 13.00 untuk menerima kunjungan wisata keluarga dan perorangan dengan kuota satu grup tidak lebih dari 20 orang.

 

Berkunjung Ke Observarium Bosscha

Jika anda berminat mengunjungi teropong bintang Bosscha ini melalui perorangan maupun lembaga sekolah ada prosedur yang harus anda ketahui. Bagi pengunjung umum dapat langsung datang ke Observarium Bosscha pada hari Sabtu dan bisa membayar langsung di loket yang disediakan. Sebenarnya anda dapat melakukan wisata Observarium Bosscha ini pada malam hari tetapi harus reservasi via telepon terlebih dahulu dan dapat melakukan pembayaran di tempat.

Bagi anda yang akan berkunjung dengan instansi atau sekolah yang terkait wajib mengirimkan surat ke Kepala Observarium Bosscha dengan menyertakan tanggal berkunjung dan jumlah peserta yang akan hadir. Untuk tiket masuk ke tempat ini akan dikenakan biaya perorang Rp 10.000 untuk siang hari dan Rp 15.000 untuk malam hari. Ada banyak fasilitas yang disediakan di sekitar Observarium Bosscha ini dari hotel, rumah makan, sampai parkir yang luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here